Fadilah
Mengimami Shalat Berjama’ah
Imam memiliki keutamaan yang sangat agung sekali, maka
tidak sembarang orang boleh menjadi imam. Namun dipilihkan dari kalangan
orang-orang yang shalih lagi ahli membaca Al-Qur’an serta memiliki pengetahuan ilmu yang
luas. Berikut kami nukilkan fatwa tentang keutamaan imam ;
فإمامة
الصلاة وظيفة شريفة وفضلها عظيم لكون الإمام ضامناً للمأمومين صلاتهم، وهي وظيفة
أئمة الخير والصلاح، قال شيخ الإسلام ابن تيمية في شرح العمدة: وقد روي عن داود بن
أبي هند قال: حدثت أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال: مرني بعمل أعمله،
قال: كن إمام قومك، قال: فإن لم أقدر، قال: فكن مؤذنهم. رواه سعيد.
Imam shalat ialah tugas
yang mulia dan
keutamaannya sangat agung, karena imam itu menjadi penentu shalat makmumnya. Dan
imam ini merupakan kedudukan orang-orang yang baik dan shalih. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
berkata di dalam kitab Syarhul ‘Umdah : Dan Dawud bin Abi Hind telah
meriwayatkan berkata aku diberitahu bahwa ada seorang lelaki mendatangi nabi
shalallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, printahkan aku untuk melakukan
sebuah amalan.
Nabi bersabda, jadilah imam bagi kaummu. Ia berkata,
jika aku tidak mampu?. Nabi menjawab, maka jadilah muadzin bagi mereka !
riwayat ini diriwayatkan oleh Said.
فالإمامة
في الصلاة لها فضيلة في نفسها، فمن تقلدها وقام بحقها فقد حصل على أجر عظيم، وقد
تولاها النبي صلى الله عليه وسلم والخلفاء الراشدون من بعده، ولم يتولوا الأذان
وهم لا يختارون إلا الأفضل؛ ولأن الإمامة يختار لها من هو أكمل حالاً وأفضل، ولذلك
ذهب أكثر الفقهاء إلى أن تولي الإمامة أفضل من تولي الأذان. وأما الثواب بين الإمام
والمأموم فمشترك، كما أشار إلى ذلك العز بن عبد السلام في قواعد الأحكام، حيث
قال:ومنهم من فضل الإمامة لتسبب فضل الإمامة إلى إفادة فضل الجماعة لنفسه
وللحاضرين، وصلاة الجماعة تزيد على صلاة المنفرد بخمس وعشرين درجة أو سبع وعشرين
درجة على ما جاءت به السنة، ولا يوجد مثل هذا في الأذان، فإن قيل: هل يؤجر المؤتم
على إفادته الإمام فضل الجماعة؟ قلنا: نعم، لقوله عليه السلام: (من يتصدق على
هذا؟). اهـ
والله أعلم.
والله أعلم.
Kedudukan imam di dalam shalat itu memiliki keutamaan
tersendiri, barangsiapa melaksanakannya dengan baik maka ia akan mendapatkan
pahala yang agung. Dan nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam telah mengemban tugas
menjadi imam demikian pula Khulafa’ur Rasyidin setelah beliau. Dan mereka tidak
mengemban tugas untuk adzan, dan mereka tidaklah memilih sesuatu kecuali yang
paling utama.
Dan kerana imam itu dipilih dari pribadi yang paling
sempurna dan utama keadaanya. Maka dari itu mayoritas para ulama ahli fikih memilih
pendapat bahwa tugas imam itu lebih utama dari tugas muadzin/tukang adzan.
Dan bahwasanya pahala antara imam dan makmum itu
berserikat sebagaimana yang diisyaratkan oleh Imam Izz Ibnu Abdissalam di dalam
Qawa’idul Ahkam beliau berkata :
Diantara para ulama ada yang lebih memilih kedudukan
imam dikarenakan sebab imam ini menjadi perantara berlipatnya pahala ketika
shalat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Dan shalat jama’ah itu
lebih utama dari shalat sendiri sebanyak dua puluh lima derajat atau dua puluh
tujuh derajat berdasarkan apa yang telah disebutkan di dalam sunnah. Dan ini tidak
didapati di dalam adzan.
Berawal dari khotbah jum’at
di masjid Baitul Ilmi, tentang keutamaan sholat wajib berjama’ah di masjid bagi
muslim laki-laki. Terasa sangat menggugah hati. Walo pun beberapa sudah pernah
dengar. Berikut
beberapa poin-poin yg saya tangkap.
Sholat adalah syari’at yg istimewa. Karena
untuk mendapat perintah sholat, Rosululloh langsung dari Alloh dengan Isro’
Mi’raj. Jadi sholat adalah syari’at yg istimewa.
Sholat menjadi amal yg pertama di khisab di
akhirat nanti. Jika baik sholatnya, baik juga amal2 yg lain. Tapi kalo
sholatnya bermasalah, amal yg lain juga bermasalah.
Keutamaan sholat wajib berjama’ah dimasjid.
Sholat wajib berjama’ah di masjid memiliki kelebihan 27 derajat dibanding
sholat sendirian.
Kadang kita cuma berhenti disitu. Padahal masih ada lanjutannya. “Satu derajatnya sama dengan 500 tahun beribadah.” 500 dikali 27 kan sama dengan banyak (males ngitung. Hehehe). jadi kalo kita sholat sendirian, kita kehilangan keutamaan 500 x27 kebaikan. Kalo dipikir lagi, rugi banget ya..
Kadang kita cuma berhenti disitu. Padahal masih ada lanjutannya. “Satu derajatnya sama dengan 500 tahun beribadah.” 500 dikali 27 kan sama dengan banyak (males ngitung. Hehehe). jadi kalo kita sholat sendirian, kita kehilangan keutamaan 500 x27 kebaikan. Kalo dipikir lagi, rugi banget ya..
Walau pun Rosululloh SAW tidak menghukumi
wajib sholat wajib di masjid, tapi Rosululloh SAW tidak pernah sekali pun
mencontohkan sholat wajib sendirian di rumah. Kalo dipikir lagi, “Terus siapa lagi klw gitu yang mau ditiru selain Kanjeng Nabi Muhammad SAW?”
Pernah ada seorang tua buta yg jarak dari
rumah ke masjid jaraknya 3 kebun korma (mungkin sekitar 2-3 km) menghadap
Rosululloh u/minta dispensasi sholat dirumah. Rosululloh kemudian terdiam. Lalu
bertanya,”apakah kamu masih mendengar suara adzan?”
Sang pria tua buta menjawab, “masih Ya Rosululloh.”
“Kalau begitu kamu tetap lah sholat wajib berjama’ah di masjid.”
Kalo dipikir lagi, itu yg pria tua. Buta lagi. Rosululloh masih memerintahkan sholat di masjid. Apalagi kita yg masih muda, sehat dan sempurna.
Sang pria tua buta menjawab, “masih Ya Rosululloh.”
“Kalau begitu kamu tetap lah sholat wajib berjama’ah di masjid.”
Kalo dipikir lagi, itu yg pria tua. Buta lagi. Rosululloh masih memerintahkan sholat di masjid. Apalagi kita yg masih muda, sehat dan sempurna.
Yg terakhir ini serem. Saya sendiri takut.
Jadi Rosululloh pernah dg jengkel bersabda, “ingin rasanya kuperintahkan
sebagian sahabatku untuk mendirikan sholat wajib berjama’ah di masjid. Lalu aku
berkeliling membawa kayu bakar. Akan ku bakar rumah orang-orang yg tidak mau
sholat wajib berjama’ah dimasjid bersama dengan orang2 di dalamnya.”
Walau pun tidak pernah dilaksanakan, tapi itu cukup menggambarkan kejengkelan Rosululloh.
Kalo dipikir lagi orang yg sangat kita harapkan syafa’atnya aja jengkel, trus siapa yg kita harapkan syafa’atnya di akhirat nanti???
Walau pun tidak pernah dilaksanakan, tapi itu cukup menggambarkan kejengkelan Rosululloh.
Kalo dipikir lagi orang yg sangat kita harapkan syafa’atnya aja jengkel, trus siapa yg kita harapkan syafa’atnya di akhirat nanti???
Saya belum pernah menemui perbedaan pendapat
tentang keutamaan sholat wajib berjama’ah di masjid. Baik dari golongan NU,
maupun yg sering dilabeli wahabi sama-sama menganjurkan sholat wajib berjama’ah
di masjid.
Ini sekaligus mengakhiri perdebatan mengenai
sholat di awal waktu.
Yah, walo pun terlihat berat, saya
berkomitmen untuk mencobanya. Dan semuanya memang harus dilatih.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar