Minggu, 05 Mei 2019

Kompetensi Dasar dan Indikator Penilaian

BATASAN MATERI CB DAN TAHSIN TAHFIZ AL QUR’AN
UJIAN PRAKTIK PAT SEMESTER GENAP



Gb. 1 : Kegiatan Kajian Kitab

A.      Kelas I’dad
1.      Mampu membaca al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.     Mampu mendemonstrasikan hafalan Qur’an Surat berikut :
-          al Qori’ah
-          al ‘Adiyat,
-          al Zalzalah,
-          al Bayyinah,
-          al Qodr,
-          al ‘Alaq,
-          al Tin,
-          al Insyiroh,
-          al Dluha,
-          al Lail,
-          al Syams,
dengan lancer, baik dan benar.
3.      Mampu mendeskripsikan kaidah hukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli.
4.      Mampu menyebutkan contoh hukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli
5.      Mampu membuat secara tertuli shukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli.
6.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
1.    Hadis ke-4               : Tanda Iman Seorang Mukmin
2.    Hadis ke-7               : Ta’at
3.    Hadis ke-9               : Membantu Saudara Mukmin dalam Kesulitan
4.    Hadis ke-10             : Menyayangi Anak Yatim
5.    Hadis ke-12             : Allah Berkuasa Mengangkat Ilmu ke Langit     
6.    Hadis ke-16             : Tanda-tanda Kiamat sudah Dekat
7.    Hadis ke-17             : Menyebarkan Salam
8.    Hadis ke-18             : Berjabat tangan
9.    Hadis ke-19             : Amanat     
10.  Hadis ke-23             : Perumpamaan Orang-orang Mukmin
7.      Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan benar

B.       Kelas Tajwidy
1.      Mampu membaca al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Qur’an Surat berikut :
-          al Balad
-          al Fajr
-          al Ghasyiah
-          al A’la
-          al Thoriq
-          al Buruj
dengan lancer, baik dan benar.
3.      Mampu mendeskripsikan kaidah hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy.
4.      Mampu menyebutkan contoh hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy
5.      Mampu membuat secara tertulis hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy.
6.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
1.          Hadis ke-4      : Tanda Iman Seorang Mukmin
2.          Hadis ke-7      : Ta’at
3.          Hadis ke-9      : Membantu Saudara Mukmin dalam Kesulitan
4.          Hadis ke-10    : Menyayangi Anak Yatim
5.          Hadis ke-12    : Allah Berkuasa Mengangkat Ilmu ke Langit     
6.          Hadis ke-16    : Tanda-tanda Kiamat sudah Dekat
7.          Hadis ke-17    : Menyebarkan Salam
8.          Hadis ke-18    : Berjabat tangan
9.          Hadis ke-19    : Amanat     
10.        Hadis ke-23    : Perumpamaan Orang-orang Mukmin
7.      Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan benar.

C.       Kelas Tahsin
1.      Mampu membaca al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Qur’an juz 30
-          al Insyiqoq,
-          al Muthafifin,
-          al Infithor,
-          al Takwir,
-          al Naziat
-          al Naba
dengan lancer, baik dan benar.
3.      Mampu mendeskripsikan kaidah hukum bacaan mim mati dan  jenis-jenis idgham.
4.      Mampu menyebutkan contoh hukum bacaan mim mati dan jenis-jenis idgham.
5.      Mampu membuat secara tertulis hukum bacaan mim mati dan jenis-jenis idgham.
6.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
1.          Hadis ke-4      : Tanda Iman Seorang Mukmin
2.          Hadis ke-7      : Ta’at
3.          Hadis ke-9      : Membantu Saudara Mukmin dalam Kesulitan
4.          Hadis ke-10    : Menyayangi Anak Yatim
5.          Hadis ke-12    : Allah Berkuasa Mengangkat Ilmu ke Langit     
6.          Hadis ke-16    : Tanda-tanda Kiamat sudah Dekat
7.          Hadis ke-17    : Menyebarkan Salam
8.          Hadis ke-18    : Berjabat tangan
9.          Hadis ke-19    : Amanat     
10.        Hadis ke-23    : Perumpamaan Orang-orang Mukmin
7.      Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan benar.

D.      Kelas Tahfiz
1.      Mampu membaca al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Qur’an juz 29 atau surat-surat lain pada  satu juz  tersebut yang sedang  
         dimuroja'ah. 
-          al Mulk
-          al Nun
-          al Haqah
-          al Ma’arij
-          al Nuh
-          dst ...
dengan lancer, baik dan benar.
3.      Mampu mendeskripsikan kaidah hukum bacaan qalqalah, lam ta’rif dan  tanda waqaf.
4.      Mampu menyebutkan contoh hukum bacaan qalqalah, lam ta’rif dan tanda   waqaf.
5.      Mampu membuat secara tertulis hukum bacaan qalqalah, lam ta’rif dan tanda waqaf.
6.      Mampu mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
1.          Hadis ke-4      : Tanda Iman Seorang Mukmin
2.          Hadis ke-7      : Ta’at
3.          Hadis ke-9      : Membantu Saudara Mukmin dalam Kesulitan
4.          Hadis ke-10    : Menyayangi Anak Yatim
5.          Hadis ke-12    : Allah Berkuasa Mengangkat Ilmu ke Langit     
6.          Hadis ke-16    : Tanda-tanda Kiamat sudah Dekat
7.          Hadis ke-17    : Menyebarkan Salam
8.          Hadis ke-18    : Berjabat tangan
9.          Hadis ke-19    : Amanat     
10.        Hadis ke-23    : Perumpamaan Orang-orang Mukmin
7.      Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan benar.


B.   LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
A.      Semua bacaan benar, sesuai dengan indikator.
B.       Semua jawaban benar tetapi ada indikator yang kurang tepat. 
C.       Ada bacaan yang benar dan sesuai.
D.      Semua bacaan salah

Kategori :
A     : ≥ 86
B     : 76 - ˂ 85
C     : 71 - ˂ 75
D     : 66 - ˂ 70

Format Khatam al Qur'an 30 juz Ramadhan 1440 H
Download di sini!

Sukabumi, 7 Mei 2019.
Co. CB,


Ttd.
Muliayawan Gumilar, S.Pd.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menjaga kehormatan, ikhlas, malu dan zuhud

Salah satu hal terpenting dalam membangun kepribadian seseorang muslim adalah sikap terhadap diri, orang lain dan lingkungan sekelilingnya. ...