Jadwal Sertifikasi Al Qur'an Jilid 3 4-6 maret 20119 / 27-29-Jumadil Akhir 1440 H
Update ke-3 level dan peserta sertifikasi al Qur'an
Lampiran Teknik dan Instrument Penilaian
Suasana Asri
A. Batasan Materi CB dan Tahsin Tahfiz al Qur’an
Level I
Kelas I’dad dan Tajwidy
1.
Mampu membaca
al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.
Mampu menulis
surat al Fatihah dengan baik dan benar.
-
al Nas,
-
al Falq,
-
al Ikhlas,
-
al Lahb,
-
al Nasr,
-
al Kafirun,
-
al Kautsar,
-
al Maun,
-
al Qurasy,
-
al Fiil,
-
al Humazah,
-
al ‘Ashr dan
-
al Takatsur
dengan
lancer, baik dan benar.
4.
Mampu
mendeskripsikan kaidah hukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli.
5.
Mampu
menyebutkan contoh hukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli
6.
Mampu
menentukan hukum bacaan nun mati dan tanwin serta mad asli.
7.
Mampu mendemonstrasikan
hafalan Hadis tentang berikut :
-
Akibat
melalaikan sholat (Hadis no. 2)
-
Keutamaan
mencari ilmu (Hadis no. 5)
-
Tanda-tanda
kiamat sudah dekat (Hadis no. 16)
-
Amar ma’ruf dan
nahyil munkar (hadis no. 20)
-
Ucapan ketika
mendapat musibah (Hadis no. 27)
-
Ulama dan Umaro
(Hadis no. 28)
-
Kedudukan ibu
dan ayah (Hadis no. 32)
-
Dosa yang
disegerakan siksaannya (hadis no. 34)
-
Do’a yang
diijabah (Hadis no. 39)
-
Tawdlu (Hadis
no. 40)
8.
Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan
benar.
Level II
Kelas Tahsin
1.
Mampu membaca
al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.
Mampu menulis
surat al Fatihah dengan baik dan benar.
3.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Qur’an Surat berikut :
-
al Qori’ah
-
al ‘Adiyat,
-
al Zalzalah,
-
al Bayyinah,
-
al Qodr,
-
al ‘Alaq,
-
al Tin,
-
al Insyiroh,
-
al Dluha,
-
al Lail,
-
al Syams,
-
al Baladcdan
-
al Fajr
-
al Ghasyiah
-
al A’la
-
al Thoriq
dengan
lancer, baik dan benar.
4.
Mampu
mendeskripsikan kaidah hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy.
5.
Mampu
menyebutkan contoh hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy
6.
Mampu
menentukan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mad far’iy.
7.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
-
Akibat
melalaikan sholat (Hadis no. 2)
-
Keutamaan
mencari ilmu (Hadis no. 5)
-
Tanda-tanda
kiamat sudah dekat (Hadis no. 16)
-
Amar ma’ruf dan
nahyil munkar (hadis no. 20)
-
Ucapan ketika
mendapat musibah (Hadis no. 27)
-
Ulama dan Umaro
(Hadis no. 28)
-
Kedudukan ibu
dan ayah (Hadis no. 32)
-
Dosa yang
disegerakan siksaannya (hadis no. 34)
-
Do’a yang
diijabah (Hadis no. 39)
-
Tawdlu (Hadis
no. 40)
8.
Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan
benar.
Level III
Kelas Tahfiz
1.
Mampu membaca
al Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.
Mampu menulis
surat al Fatihah dengan baik dan benar.
3.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Qur’an juz 30 atau surat-surat lain pada satu juz tersebut yang sedang dimuroja'ah. Adapun surat-surat yang diujikan pada juz 30, sebagaimana disebutkan berikut :
-
al Buruj
-
al Insyiqoq,
-
al Muthafifin,
-
al Infithor,
-
al Takwir,
-
al Naziat
-
al Naba
dengan
lancer, baik dan benar.
4.
Mampu
mendeskripsikan kaidah hukum bacaan mim mati, jenis-jenis idgham, qalqalah, lam
ta’rif dan tanda waqaf.
5.
Mampu
menyebutkan contoh hukum bacaan mim mati, jenis-jenis idgham, qalqalah, lam
ta’rif dan tanda waqaf.
6.
Mampu
menentukan hukum bacaan mim mati, jenis-jenis idgham, qalqalah, lam ta’rif dan
tanda waqaf.
7.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
-
Akibat
melalaikan sholat (Hadis no. 2)
-
Keutamaan
mencari ilmu (Hadis no. 5)
-
Tanda-tanda
kiamat sudah dekat (Hadis no. 16)
-
Amar ma’ruf dan
nahyil munkar (hadis no. 20)
-
Ucapan ketika
mendapat musibah (Hadis no. 27)
-
Ulama dan Umaro
(Hadis no. 28)
-
Kedudukan ibu
dan ayah (Hadis no. 32)
-
Dosa yang
disegerakan siksaannya (hadis no. 34)
-
Do’a yang
diijabah (Hadis no. 39)
-
Tawdlu (Hadis
no. 40)
8.
Menyebutkan arti hadis tersebut dengan baik dan
benar.
Majlis Munaqosah Lil Ijazah Tahfizul Qur’an
1.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Qur’an dengan lancar, baik dan benar.
2.
Mampu
mendemonstrasikan hafalan Hadis tentang berikut :
-
Akibat
melalaikan sholat (Hadis no. 2)
-
Keutamaan
mencari ilmu (Hadis no. 5)
-
Tanda-tanda
kiamat sudah dekat (Hadis no. 16)
-
Amar ma’ruf dan
nahyil munkar (hadis no. 20)
-
Ucapan ketika
mendapat musibah (Hadis no. 27)
-
Ulama dan Umaro
(Hadis no. 28)
-
Kedudukan ibu
dan ayah (Hadis no. 32)
-
Dosa yang
disegerakan siksaannya (hadis no. 34)
-
Do’a yang
diijabah (Hadis no. 39)
-
Tawdlu (Hadis
no. 40)
3.
Menyebutkan arti
hadis tersebut dengan baik dan benar.
B. LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
Rubrik Penilaian Unjuk
Kerja
A. Semua
bacaan
benar, sesuai
dengan kaidah
hukum bacaan tajwid dan penerapan naghomat yang mutqin
B. Semua
jawaban benar tetapi ada penerapan
kaidah hukum bacaan tajwid yang tidak sesuai atau ada yang salah. Sedikit kesalahan dalam naghomat
C. Ada
bacaan
yang
benar dan sesuai dengan kaidah,
dan ada naghomat
tidak
sesuai dengan permasalahan yang ditanyakan.
D. Semua
bacaan
salah,
atau bacaan
benar
tetapi tidak dibawakan
dengan kaidah dan naghomat yang benar
Kategori :
86
– 100 = Sangat Baik (Mumtaz)
76
– 85 = Baik (Jayyid)
60
– 75 = Cukup (Mutassuth)
<
60 = Kurang (Rashib)
Sukabumi, 20 Februari 2019.
Co. CB,
Muliayawan Gumilar, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar